Syarat-Syarat Cara Membuat Website Desa

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai cara membuat website desa maka silakan simak informasinya dalam artikel ini. Seiring berkembangnya zaman, website kini sudah merambah ke berbagai bidang maupu wilayah termasuk ke wilayah desa. Bahkan kini sudah banyak desa yang mulai menggunakn website untuk mendukung berbagai aktivitas dan program desa terrsebut. Namun sesuai peraturan perundangan yang berlaku memang setiap desa sudah harus memiliki website dengan domain resmi yaitu des.id. Bagi desa yang belum memiliki website maka harus segera membuat website dengan menggunakan domain resmi tersebut sebagai bukti bahwa website desa tersebut domisilinya di Indonesia.

Untuk mengajukan domain resmi dalam pembuatan website desa maka ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan. Berikut ini akan dijelaskan syarat-syarat pembuatan website desa yang perlu anda ketahui.

  1. SK Pengangkatan Kepala Desa atau Sekretaris Desa
    Untuk mengajukan domain resmi website desa maka diperlukan SK pejabat desa yaitu SK kepala desa atau bisa juga SK sekretasi desa yang dikeluarkan oleh Bupati. SK ini befungsi sebagai bukti bahwa pengajuan domain desa memang benar-benar dari pihak aparatur desa. Bila posisi kepala desa sedang maka yang dipergunakan adalah SK pejabat sementara.
  2. SK pengangkatan Perangkat Desa
    Syarat berikutnya yaitu SK pengangkata n perangkat desa dimana dalam hal ini SK yang dimaksud adalah SK pengangkatan pejabat yang memperoleh wewenang mengelola website desa dan ditunjuk secara resmi oleh kepala desa.
  3. Surat Kuasa Kpeada Perangkat Desa
    Sesudah ada SK Pengangkatan staff pengelola website desa maka selanjutnya adalah membuat surat kuasa dari kepala desa atau sekretaris desa berkaitan dengan pemberian mandat pengelolaan website desa.
  4. Surat Permohonan Kepada Menkominfo
    Selanjutnya dibutuhkan surat permohonan pengajuan domain yang sama dengan nama desa. Surat permohonan domain ini diajukan kepada Mentri Kominfo. Untuk format surat ini bisa didownload di internet.

Saat ini bila anda sedang mencari informasi pembuatan website desa maka silakan akses informasi lengkapnya dengan membuka link cara membuat website. Sebab melalui link tersebut ada beragam informasi seputar pembuatan website untuk pemula. Tidak hanya itu, link yang anda buka tersebut juga memudahkan anda dalam memesan video tutorial pembuatan website secara online. Dengan begitu anda bisa belajar membuat website secara lebih mudah cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dalam video.

Itulah tadi penjelasan mengenai syarat pembuatan website desa yang bisa menambah wawasan anda. Dengan mengetahui persyaratan di atas maka pembuatan website desa bisa dilakukan secara mudah dan lancar untuk mendukung program kerja desa tersebut.